5/12- Tanaman Hidroponik yang terjajar dengan rapi telah siap mewarnai kunjungan dari santri kelas 1 SD Islam Kreatif Mutiara Anak Sholeh. Senin (5/12), sekitar 53 santri sejak pagi telah memenuhi kebun hidroponik milik Pak Yuan. Selaku pemilik kebun hidroponik, Pak Yuan sangat mengapresiasi antusias santri SDIKMAS saat sesi materi. Sebagian besar santri kelas 1 sudah mampu menangkap dan paham materi terkait hidroponik yang dijelaskan Pak Yuan. “Wah luar biasa sekali kalian semua. Sudah paham dan mengerti apa itu dan bagaimana menanam tanaman hidroponik. Terlebih kalian juga praktek langsung teknik hidroponik di sekolah kalian. Luar Biasa”, ujar pemilik kebun Pak Yuan.

 

Foto: Santri Kelas 1 melihat sayur sawi daging yang siap dipanen.

Projek IPAS yang dilakukan oleh kelas 1 ternyata sangat berdampak pada kunjungan kali ini. Di sekolah mereka belajar, disini mereka bisa praktek langsung semua proses mulai dari pembenihan hingga panen. “Mula nya di sekolah kami ajarkan anak hidroponik secara sederhana dengan subjek cabe. Disini kami ingin mengajak santri untuk melihat dan belajar hidroponik dengan skala besar dan dengan subjek tanaman yang berbeda”, tegas ustadzah Riza, pengampu mapel IPAS kelas 1.

Sebelum proses panen, santri kelas 1 diajak Pak Yuan melihat dan praktek proses pembenihan dan penyemaian tunas tananam yang sudah siap pindah. Semua mata santri tertuju pada tangan Pak Yuan yang sangat terampil memasukkan benih ke dalam rockwool. Satu persatu santri mencoba memasukkan benih sayuran sawi. Butiran benih sayuran yang begitu kecil membuat santri semakin tertantang untuk melakukannya. Mereka begitu fokus dan dengan cepat satu persatu semua rock wool telah terisi benih. Begitu juga saat penyemaian tunas muda, semua santri sangat berhati-hati sangat memindahkan tunas muda ke pipa hidroponik yang lebih besar. Mereka paham bahwa jika akar tanaman yang tercaput secara paksa hingga patah akan berdampak buruk untuk pertumbuhan tanaman itu sendiri.

Foto: Pak Yuan Mengajarkan cara pembenihan yang benar kepada santri SDIKMAS

Didalam kebun hidroponik Pak Yuan terdapat kolam ikan air tawar yang menarik perhatian santri di akhir sesi. Semua puas dan senang bisa bermain sekaligus belajar di Kebun Hidroponik Pak Yuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *