Hari ini, Rabu, tanggal 07 April 2021 Ustadzah Erna melakukan kunjungan ke Kebun Sayur  yang ada di Gayung Kebonsari, Surabaya. Kunjungan virtual  dimulai pukul 08.45-10.15 WIB. Setibanya di Kebun Sayur, Ustadzah Erna bertemu dengan Kak Intan dan Kak Suci sebagai narasumber. Kak Suci menunjukkan cara menanam hidroponik menggunakan rockwool. Kak Suci menunjukkan langkah-langkah penanaman hidroponik. Hidroponik adalah suatu media penanaman yang tidak menggunakan tanah. Hidroponik sangat cocok jika ingin berkebun namun tidak memiliki lahan yang luas. Di Surabaya, dengan cuaca yang cenderung panas dan kering, masih memungkinkan jika ingin menanam dengan menggunakan media hidroponik.

Di Kebun Sayur Surabaya ada berbagai macam sayuran, seperti ; basil, kale, seledri, bayam, sawi, pokchoy dan daun mint. Disana ada 4 jenis bayam yang ditanam, yaitu bayam hijau, bayam merah, bayam batik, dan bayam Brazil. Tidak semua sayur yang ditanaman disana dapat kita jumpai di pasar. Daun yang lebat dan tebal menunjukkan betapa sehat dan subur tanaman-tanaman yang ada disana.Sayuran yang ada disana terkena sinar matahari cukup dari pukul 07.00-11.00 WIB.

Sayuran dengan media hidroponik lebih sehat jika dikonsumsi karena, tidak menggunakan pestisida.

Adanya gangguan hama tentu ada seperti pada umumnya yang dialami jika menanam dengan cara konvensional. Hama di tanaman hidroponik umumnya adalah ulat kecil dan burung. Hama ulat kecil dapat diatasi dengan larutan air bawang. Larutan itu sangat ampuh untuk memusnahkan ulat-ulat kecil tersebut.

Disana juga terdapat daun basil yang aromanya seperti kemangi. Baunya langu dan berasal dari Eropa. Ada satu tanaman yang disebut dengan “sayur super”yaitu daun kale. Daun kale memiliki manfaat untuk mengobati kanker. Untuk mengkonsumsinya dicampur dengan madu dan nanas. Apabila ingin dicampur dengan mie maka harus dimasak lebih lama karena, batangnya keras.

Kak Intan dan Kak Suci punya solusi untuk teman-teman yang tidak suka makan sayur. Kak Intan mengajak kami untuk membuat eskrim sayur dengan bahan sayur green o, yoghurt, dan susu. Semua bahan tersebut dicampur menjadi satu lalu di blender dan dimasukkan ke dalam cetakan es krim. Kemudian dimasukkan ke freezer agar membeku. Ketika eskrim sudah beku, kita dapat langsung menikmatinya. Seru sekali teman-teman kunjungan virtual hari ini. Jangan sampai ketinggalan dengan kunjungan virtual kami selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *