Hari Selasa, 06 April 2021 giliran kelas 3 yang melakukan kunjungan ke “Kampoeng Ternak “ dengan Bapak Muhajir Megare Sepanjang, Sidoarjo. Kunjungan belajar virtual mulai pukul 08.00 – 09.20 WIB.  Wakil Kepala Sekolah kami Ustadzah Anti bersama Ustadzah Lucky berangkat pukul 06.30 WIB. Setibanya disana Ustadzah Lucky bertemu dengan Bapak Muhajir pemilik “ Kampoeng Ternak”

Bapak Muhajir sangat ramah dan menjelaskan banyak hal tentang Kampoeng Ternak mulai dari cara memerah susu, cara pengolahan susu,berbagai  produk susu dan kami diajak juga ke kandang sapi. Bapak Muhajir sangat ramah.

Cara memerah sapi pertama ikat sapi dengan kuat, dekati sapi dan tepuk perlahan-lahan, bersihkan puting , olesi sarung tangan dengan mentega dan tarik turun setiap 3-4 kali, letakkan ember dan duduk atau jongkoklah ke bagian sisi kanan sapi, genggam 2 dari 4 puting sapi lalu mulai memerah dengan mengenggam setiap puting secara lembut, terakhir perah susu sapi hingga puting terlihat kempis.

Ketika susu sudah diperah dan dimasukkan ke dalam ember lalu dipindahkan ke milk pan untuk menjaga ketahanan susu. Setelah itu susu tersebut dipanaskan agar bakteri mati. Memanaskan susu dengan menguunakan panci stainless dan diaduk dengan menggunakan entong kayu. Tak lupa suhu untuk memanaskan susu adalah 90o Celcius.

Istri dari bapak Muhajir, Bu Windy juga berwirausaha hasil dari susu sapi seperti : yoghurt, puding, susu stmj, susu jahe, masker kefir dan milkshake.

Bu Windy mengolah produk olahan susu tanpa menggunakan air. Sehingga full susu dan menggunakan buah-buahan asli  serta tanpa bahan pengawet.

Saat sesi tanya jawab dengan santri-santri, ada yang bertanya :

  1. Kak Bintang : “Apakah memerah susu sapi termasuk olahraga tangan?”

Jawaban          : “Iya, termasuk olahraga tangan. Karena tangan bergerak menggunakan

energi gerak yang berasal dari makanan dan minuman (energi kimia).

  1. Kak Occa : “Untuk pembuatan hasil olahan seperti yoghurt biasanya menghabiskan

berapa liter susu dalam satu hari?”

“Apakah Ibu beternak kambing juga? Kok itu tersedia susu kambing

juga?”

Jawaban          : “10 liter susu sapi dalam 1 hari”.

“ Tidak, saya mempunyai rekan kerja yang beternak kambing kemudian

mengolah hasil susu sapi kambing dan mengirim ke saya untuk dijual”.

  1. Kak Abi :”Apakah susu sapi bisa dijadikan es batu?”

Jawaban          : “Bisa, diletakkan di freezer khusus dan akan menjadi es batu”.

Serunya kunjungan belajar virtual dan masih banyak keseruan di hari lain. Tetap ikuti kunjungan virtual kami selanjutnya ya teman-teman.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *