Kegiatan pagi yang penuh dengan Semangat serta senyum ceria dari para wali santri, para narasumber serta para ustadzah PG-TK islam Kreatif Mutiara Anak Sholeh. Sabtu (20/2), Telah mengikuti Virtual Zoom yaitu dengan tema :

“Mengasah kemandirian anak Melalui Kreativitas dan Proses pembuatan tempe”

Dengan para narasumber :

  1. Yosi giptia Suharyo, S.E ( bunda ananda Melodi TK A2 )
  2. Putri prastiwi ( Bunda Ananda Alfa TK A3 )
  3. Kartika Hariyani ( Bunda Ananda Bilqis TK A3 )

Alhamdulillah Kegiatan parenting dengan para wali santri dapa menjalin tali silaturrahmi antara wali santri satu dengan wali santri lainnya, awal yang tidak Mengenal menjadi kenal dengan acara tersebut. ilmu baru buat kita semuanya dan sangat bermanfaat. Antusias Para wali santri PG-TK MAS. Dimulai dari sapaan para ustadzah dan para narasumber. Saling sapa , saling berkenalan dan saling sahut menyahut ketika ada materi menarik untuk langsung di tanyakan secara langsung kepada narasumber.

Materi yang di sampaikan oleh narasumber yang pertama Ibu. Yosi giptia Suharyo, S.E

( bunda ananda Melodi TK A2)

Cara agar anak – anak mau melakukan sesuatu dengan baik , orang tua dan anak harus saling kerja sama. Orang tua juga harus konsisten agar anak – anak bisa mencapai apa yang kita inginkan . contohnya dengan memberikan hadiah , ananda harus dapat mendapatkan poin – poin yang sudah di sepakati oleh kedua pihak , antara ortu dan anak. Dengan mengumpulkan kupon ( Media yang di gunakan )

Hadiah

1.    Mainan                     =10 kupon

2.    Buku mewarnai      = 8 kupon

3.    Pensil warna           = 9 kupon

4.    Berenang                 =12 kupon

5.    Coklat                       = 9 kupon

 

Denda

1.    Tidak sholat                =2 kupon

2.    Makan tidak habis     =1 kupon

3.    Bertengkar                  =2 kupon

4.    Tidak belajar              =2 kupon

 

 

Cara mendapatkan hadiah

1.    Sholat 5 waktu          : 2 kupon

2.    Makan sendiri           :1 kupon

3.    Makan habis             : 2 kupon

4.    Nurut orang tua       : 2 kupon

5.    Pakai baju sendiri    : 1 kupon

6.    Belajar                        : 1 Kupon

7.    Tidur sendiri             : 1 kupon

 

Contoh :

Selanjutnya Materi yang di sampaikan oleh narasumber yang ke dua Ibu. Putri prastiwi

( Bunda Ananda Alfa TK A3 )

Cara mengenalkan nama – nama hari , Waktu ( Kemarin , besok , Lusa ) dengan menggunakan media kotak geser. Dengan media seperti ini anak lebih tertarik dan pastinya cepat untuk menangkap daya ingatnya tanpa harus bertanya . media kotak geser ini mudah untuk di dapat dan sangat simpel . jadi orang tua pasti bisa membuatnya serta menerapkan kepada anak – anak di rumah dengan di pasang di dinding, agar anak – anak langsung bisa menggunakan setiap hari saat berganti hari .

Materi yang terakhir di sampaikan oleh narasumber kita Ibu. Kartika Hariyani

( Bunda Ananda Bilqis TK A3 )

Bagaimana caa mengolah kedelai menjadi tempe yang terbaik dan ter enak. Yaitu dengan mencuci terlebih dahulu kedelai agar bersih . kemudian di rendam dalam air hangat selama 5 jam. Jika sudah di rendam dicuci kembali sambil di remas – remas hingga kulit arinya terkelupas. Langkah selanjutnya direbus selama 1 jam kemudian rendam kembali lalu angkat dan turiskan sampai kering, setelah kering beri ragi sesuai takaran lalu ratakan agar semua rata dengan ragi, kemudian bungkus dengan plastik dan tusuk –tusuk plastik dengan tusuk gigi. Diamkan di sushu ruangan selama 1-2 hari tempe siap di olah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *