SD Islam Kreatif Mutiara Anak Sholeh kelas 2 A-C kemarin hari Kamis, tanggal 17/12/2020 melakukan kunjungan virtual ke Museum Listrik dan Energi Baru (MLEB) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Narasumber kali ini dipandu dengan Kak Sigit, Kak Dede dan Kak Oki. Dimulai dari sambutan oleh managemen laboratorium, pembukaan dan pemutaran video profil, perkenalan area selamat datang seperti robot maxleb, mobil listrik, teater 5 dimensi, ruang welcome, kompor tenaga surya, kincir air dan robot dance.

Serunya berkunjung ke Museum listrik dan Energi Baru di kompleks Taman Mini Indonesia Indah Jakarta ini,  dilengkapi dengan wahana teater 4D dan beberapa koleksi tambahan. Kepala Museum LEB Ridho Hutomo mengatakan inovasi teater 4D ini bertujuan untuk mengedukasi para pengunjung terutama pelajar tentang industri kelistrikan pengelolaan energi. Selain wahana teater 4D, pihak PLN juga memberikan alat peraga kWh meter bersejarah dan mobil listrik sebagai tambahan koleksi di museum tersebut. Alat peraga berupa kWh meter dari zaman ke zaman tersebut ditampilkan agar pengunjung mengetahui perjalanan pengelolaan listrik dari zaman ke zaman. Sedangkan fasilitas mobil listrik dimaksudkan agar masyarakat bisa mempelajari inovasi-inovasi baru dalam bidang energi terbarukan sebagai pengganti energi berbahan bakar fosil.

Listrik sangat berperan penting dalam kehidupan kita. Kita dapat juga memanfaatkan buah dan sayur. Kita dapat memanfaatkan kentang. Pada prinsipnya, buah dan sayur berperan sebagai konduktor ionik. Hasil bumi tersebut menghasilkan ion bermuatan positif dan negatif. Tegangan listrik akan muncul jika ion berlainan muatan tersebut saling bersinggungan. Interaksi antar ion yang berlawanan muatan ini disebut elektrolit (larutan ionik). Garam dapur ketika dilarutkan dalam air akan memicu kontak antara ion yang menyusun garam. Natrium (Na +) dan klorida (Cl -) akan saling bersentuhan membentuk elektrolit. Elektrolit inilah yang mengalirkan listrik. Alhamdulillah kini, aku mendapatkan pelajaran baru. Aku senang belajar E learning.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *