Neuro Linguistic Programming (NLP) adalah sebuah pendekatan komunikasi, pengembangan pribadi, dan psikoterapi yang diciptakan oleh Richard Bandler dan John Grinder di California, USA tahun 1970-an. Sabtu (13/09) para pendidik PG-TK-SD Islam Kreatif Mutiara Anak Sholeh (MAS) mengikuti pelatihan di Hall Inspiratif selama dua hari.

Abdul Aziez, trainer yang sudah go Internasional ini memberi bekal para pendidik (MAS) untuk menerapkan NLP ke peserta didik. “Alhamdulillah, setelah mengetahui jenis gelombang pikiran, saya jadi tahu kapan waktu yang tepat untuk memberi nasihat agar masuk ke dalam pikiran bawah sadar anak-anak.” Ulas Adining, Wali Kelas 5A.

Dalam pelatihan, para pendidik MAS juga diberi bermainan menabak angka. Mulanya Abdul Aziez menulis tiga angka di kertas yang berbeda. kemudian dilipat. Ustazah Rina, sapaan akrab guru TK MAS disuruh memilih salah satu angka di dalam kertas tersebut. Setelah memilih, para pendidik MAS disuruh memilih satu angka dari satu sampai sembilan.

Hanya delapan pendidik yang diberi kesempatan. Setelah menyebutkan satu angka, pendidik menunjuk temannya secara acak untuk menyebutkan satu angka juga. Begitu seterusnya. Sampai delapan angka dari satu sampai sembilan disebutkan. Di akhir permainan, Abdul Aziez mengambil lipatan kertas berisi angka yang sudah dipilih. Ternyata angka di dalam kertas tersebut merupakan angka yang tidak disebutkan oleh semua guru.

“Ini permainan yang mana saya harus mensugesti para ustazah agar tidak menyebutkan angka di dalam lipatan kertas.” Ucap Abdul Aziez setelah permainan. Kekuatan dan ketepatan waktu untuk memberi sugesti positif memang harus diketahui oleh para pendidik. Agar nasihat atau materi yang disampaikan bisa masuk ke dalam pikiran bawah sadar siswa dan masuk ke dalam ingatan jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × three =