Green Education merupakan salah satu program unggulan yang menjadi ciri khas dari SD Islam Kreatif Mutiara Anak Sholeh. Green Education ini melatih peserta didik untuk cinta terhadap lingkungan dan tidak merusak lingkungan disekitarnya. Sederhananya, green education ini melatih siswa untuk ‘menghijaukan’ lingkungan. Misalnya, membuang sampah di tempat sampah dan dapat membedakan antara sampah organik dan non-organik, berlatih untuk menanam tanaman hias, menanam tanaman secara hidroponik, dll.

Ada beberapa tujuan, mengapa peserta didik dibekali dengan green education ini. Pertama, melatih siswa untuk peka terhadap lingkungan disekitarnya. Maksudnya ialah dengan adanya green education ini, peserta didik mulai menyadari bahwa lingkungan kita yang sekarang ini perlu dijaga, karena semakin sedikitnya pepohonan.

Kedua, melatih peserta didik untuk melakukan tindakan nyata untuk menyelematkan lingkungan nya dari ancaman global warming, yaitu dengan cara berlatih menanam tanaman di lingkngan sekitar. Hal ini diharapkan agar peserta didik terbiasa untuk menghijaukan lingkungannya, tidak hanya di sekolah, namun juga dapat diterapkan di lingkungan rumahnya.

Selain kedua tujuan tersebut, green education ini diharapkan mampu memberikan manfaat kepada peserta didik. Misalnya, dengan berlatih menanam hidroponik, peserta didik dapat memanfaatkan hasil yang diperolehnya tersebut. “Bumi cuma satu…disinilah rumahku juga rumahmu…”, sepenggal lirik lagu yang selalu memotivasi peserta didik untuk melakukan penghijauan dan menjaga lingkungan nya. Karena pendidikan dasar seperti ini dapat menjadi bekal untuk peserta didik nantinya di masa yang akan mendatang.

Presented by:
Sifa Fauziah Permatasari

Go Green School

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *